Program Kerja PPI Turki 2019/2020 #BerkaryaBersama

 Sesuai dengan arahan Ketua Umum dalam kesempatan Rapat Kerja PPI Turki Kabinet #BerKaryaBersama Periode 2019-2020 dalam merancang Program Kerja PPI Turki Kabinet #BerKaryaBersama Periode 2019-2020, PPI Turki membagi Program Kerja ke dalam Program Kerja Utama dan Program Kerja Bidang/Departemen. Program Kerja Utama PPI Turki merupakan daftar Program Kerja yang berisi Program Unggulan PPI Turki Kabinet Bersinergi Periode 2019-2020. Sesuai dengan daftar program yang dikampanyekan Ketua Umum; menjadi janji politik terhadap anggota PPI Turki. Program Kerja Utama PPI Turki ini yang akan diajukan dan disahkan oleh MPA PPI Turki dengan diketahui KBRI Ankara. Pelaksanaan Program Kerja Utama PPI Turki ini hukumnya wajib, karena disahkan. PPI Turki Kabinet #BerKaryaBersama Periode 2019-2020 wajib mengusahakan realisasi seluruh Program Kerja Utama PPI Turki ini. 

Dari Program Kerja Utama yang akan dibagi ke dalam masing-masing Program Kerja Bidang/Departemen adalah sebagai berikut: 

1. Sarasehan Indonesia 

Merupakan program yang dirancang untuk menguatkan Konsolidasi, Kolaborasi dan Karya (3K). Sarasehan Indonesia merupakan bagian dari upaya konsolidasi pelajar 

Indonesia sebagai wujud “PPI Turki sebagai Rumah Besar Pelajar Indonesia di Turki”; salah satu ujung tombak sinergi PPI Turki dengan seluruh PPI Wilayah dan lembaga kemitraan di Turki. Sarasehan Indonesia diformat ke dalam bentuk formal (opening) maupun non-formal (seluruh rangkaian) baik dalam bentuk “Family Gathering” maupun “Perlombaan/Olahraga” yang akan kita laksanakan secara terpusat maupun terdistribusi di setiap Kota/wilayah (sesuai kondisi). 

Program ini menjadi tanggungjawab Departemen SDM bekerjasama dengan Departemen Advokasi & Kesejahteraan Pelajar. 

2. Forum Akademik 

Merupakan wadah candradimuka-nya PPI Turki tahun ini, Forum ini nantinya akan menjadi penghubung (hub) bagi seluruh pelajar Indonesia di Turki untuk menyalurkan potensi akademiknya dan tentunya dalam rangka membangun link baik antar pelajar Indonesia yang sedang berkuliah di Turki maupun yang sudah pulang ke Indonesia (alumni). Program ini nantinya akan merangkul semua potensi pelajar Turki untuk sehingga bisa menjadi platform baru bagi terwujudnya pelajar Indonesia yang #BerkaryaBersama. Kita menginginkan setiap pelajar di Turki bisa tersambung dari satu wadah bersama apakah itu berbasis aplikasi online dan sebagainya. AkPro bisa memlanjutkan program tahun lalu yang bekerjasama dengan Departemen SDM dibawah divisi Manajemen Sumber Daya strategis. Sehingga selurujh pelajar terdata dengan baik lengkap dengan kompetensi akademik (jurusan) yang sedang di tempuh. Setiap potensi yang ada digabung dalam bentuk academic locus dan setiap lokus ini nantinya menjadi main force dalam melakukan sekaligus menghidupkan diskusi akademik di setiap wilayah kerja PPI Turki bekerjasama dengan bidang akademik di 

PPI Wilayah. Jadi PPI Turki tidak hanya mengaktifkan program di PPI Turki sendiri, sekaligus menghidupkan PPI Wilayah sehingga PPI Turki kedepan benar-benar bisa #BergerakBersama. Program ini tidak hanya berhenti disini, diharapkan dapat melahirkan publikasi dan meangaktfkan budaya literasi teman-teman pelajar sehingga bisa di salurkan kepada lembaga-lembaga yang sudah dilakukan kerjasama oleh pengurus PPI sebelumnya. 

Program ini menjadi tanggungjawab Departemen Akademik & Profesi (AkPro), terutama Divisi Kajian Akademik. 

3. Grab Your Future 

Merupakan program yang ditujukan untuk mempersiapkan calon alumni pelajar Indonesia di Turki yang sedang mempersiapkan kelulusan. Program ini memiliki rangkaian kegiatan; seminar motivasi, workshop wirausaha, bursa informasi pekerjaan, beasiswa, Kunjungan ke perusahaan-perusahan dan lembaga pemerintah yang dimungkinkan untuk magang dan Proyeksi Karier kedepan. 

Program ini menjadi tanggungjawab Departemen Akademik & Profesi (AkPro), terutama Divisi Biro Karier & Link serta kolaborasi departemen lainnya. 

4. Forum Alumni 

Ini merupakan program rekomendasi dari Musta PPI ke VIII di Konya kemarin, yang diperuntukkan bagi alumni pelajar Indonesia yang pernah belajar di Turki, namun saat ini sudah berada di Indonesia. Program ini nantinya akan merangkul semua potensi alumni Turki untuk membangung Link & Match antar pelajar guna mewujudkan program-program kerjasama yang telah lebih dahulu juga digagas oleh Turkiye Burslari (YTB) yaitu Turkiye Mezunlari sebagai salah satu platform beasiswa terbesar di Turki saat ini. berbentuk database detail masing-masing alumni berisi data-data akademik dan juga memfasilitasinya dalam bentuk forum pertukaran informasi dan diskusi rutin yang nantinya bisa bekerjasama dengan Departemen AkPro yang akan dilakukan berdasarkan lokus masing-masing akademik alumni dan pelajar Turki. Masing-masing alumni dapat diberikan akun dan tiap pelajar Indonesia di Turki juga memiliki akses terhadap data tiap alumni. Program ini dapat berbasis aplikasi online. Sampai dengan saat ini para Alumni Turki di Indonesia masih terpencar dan belum bersatu dalam sebuah payung/wadah yang resmi. Disebabkan beberapa gesekan masa lalu sehingga pengkonsolidasian forum alumni yang resmi ini masih terkendala sampai dengan saat ini. Oleh karena itu diharapkan Biro Ke-alumnian dapat mengeksekusi pembentukan Forum alumni resmi yang diprakarsai oleh PPI Turki sendiri pada tahun berjalan. 

Program ini di eksekusi langsun oleh Divisi Ke-Alumnian dibawah supervisi departemen Eksternal dan HLN. 

5. Mentari dari Turki 

Merupakan program pengabdian kepada masyarakat dari PPI Turki untuk masyarakat Indonesia yang telah terlaksana sebelumnya. Program ini memiliki rangkaian kegiatan; pengiriman kartu pos motivasi dari pelajar Indonesia di Turki untuk siswa dan guru di sekolah-sekolah pedalaman di Indonesia, selanjutnya sebagai kegiatan lanjutan PPI Turki mengadakan kunjungan dan pengabdian pengajaran di sekolah-sekolah di Indonesia. Program ini bertujuan untuk menebarkan motivasi dan inspirasi dari pelajar 

Indonesia ke siswa di Indonesia serta menumbuhkembangkan rasa peduli dan berbagai para pelajar Indonesia di Turki. Namun saya melihat program ini belum termanfaatkan dengan baik dalam rangka meningkatkan kerjasama Indonesia-Turki. Maka oleh karena itu kami akan berikhtiar untuk menjadikan program ini bisa berdimensi kerjasama Indonesia-Turki dalam bidang Budaya dan Sejarah. 

Secara ex Officio dilaksanakan oleh Tim Mentari dibawah Departemen Pengembangan Masyarakat serta kolaborasi seluruh Teammates

6. ASEAN Student Summit 

Merupakan program yang dirancang untuk menguatkan sinergi antara pelajar Indonesia dengan pelajar negara-negara anggota ASEAN lain di Turki. Format kegiatan adalah formal dengan rangkaian kegiatan; seminar, deklarasi perhimpunan pelajar ASEAN di Turki, dan ragam kegiatan lain. Program ini telah direncanakan deklarasi oleh pengurus 2018-2019 akan tetapi karena belum terlaksana maka program ini akan dilanjutkan dengan kerjasama yang lebih erat dengan pelajar-pelajar ASEAN di Turki. Agenda ini dilakukan dua kali yaitu : – Seminar dan Deklarasi AAS dan Simposium setelah libur summer mendatang. 

Program ini menjadi tanggungjawab Departemen Eksternal & HLN, terutama Divisi Hubungan Luar Negeri (HLN). 

7. Visiting Program 

Adalah program pengayaan dan pengkaryaan wawasan kelembagaan bagi seluruh BPH PPI Turki 2019-2020. Sebagai insan organisatoris, selain promosi secara digital, maka sebagai wujud pelaksanaan tagline #BerkaryaBersama PPI Turki 2019-2020 harus memperluas wawasan & jaringan kelembagaan untuk dapat mewujudkan berbagai program secara bersama-sama dengan partner kelembagaan lainnya, baik yang ada di Turki maupun di Tanah Air tercinta. 

Program ini menjadi tanggungjawab Departemen Eksternal & HLN, terutama Divisi Hubungan Antal Lembaga (HUAL). 

8. International Symposium 

Merupakan program ilmiah yang dirancang untuk mengembangkan daya kritis dan daya ilmiah pelajar Indonesia di Turki. Program ini terdiri dari rangkaian kegiatan; Kompetisi karya ilmiah, Seminar, dan penghargaan karya ilmiah. Program ini disasarkan ke seluruh kalangan, namun dalam menampilkan karya di dalam Seminar diprioritaskan ke Pelajar Indonesia di Turki. Program ini menjadi tanggungjawab Departemen Akademik dan Profesi, terutama Divisi Riset dan Ke-Karya-an. 

9. Olympiad 

Merupakan program yang memfasilitasi bakat-bakat pelajar Indonesia di Turki dalam bidang kompetisi olahraga. Program ini diharapkan dapat disinergikan dengan Program Athan Cup dan Atpol Cup, namun dengan penambahan cabang-cabang olahraga lainnya. Kalau memungkinkan, Departemen Olahraga bisa menyelenggarakan Eurolimpic seperti yang telah dilaksanakan oleh PPI Prancis tahun 2016 yang lalu. Program ini menjadi tanggungjawab Departemen Olahraga. 

10. Cagar Budaya, Bahasa dan Pelatihan Kewirausahaan. 

Merupakan program pertunjukan seni dan budaya Indonesia dalam rangka mendukung pariwisata Indonesia dari Turki. Program ini terdiri dari rangkaian kegiatan; mulai dari kompetisi pertunjukan seni dan budaya, kunjungan ke situs-situs budaya, kunjungan ke lembaga-lembaga bahasa dan kebudayaan di seluruh wilayah-wilayah Turki juga, serta ditutup pertunjukan akbar seni dan budaya Indonesia. Program ini juga direncanakan bisa bersinergy dengan KBRI dan KJRI dalam event “Harika Endonezya” yang dilaksanakan setiap tahunnya tentunya dengan beberapa konsep pengembangan. Selain dengan KBRI dan KJRI PPI Turki bisa bekerjasama dengan Organisasi-Organisasi Komunitas (OK) seperti IKAMAT, NU, Muhammadiyah, IKPM, dan lain-lain dalama rangka memperkenalkan budaya Indonesia sebagai bentuk Diplomasi Budaya yang dalam hal ini juga menjadi fokus KBRI selama ini. Selain Budaya program ini diharapkan juga akan dikaitkan dengan pengembangan wawasan kewirausahaan untuk membangkitkan jiwa-jiwa wirausaha bagi pelajar Indonesia kedepan pasca kampus. Program ini menjadi tanggungjawab Departemen Pengembangan Softskill. 

Demikian arahan Rancangan Program ini Sebagai acuan kerja bagi kita semua. Tentu apa yang telah digarikan ini tidak tertutup kemungkinan banyak kekurangan. Rancangan ini adalah draft awal dari program kerja kedepan yang akan direvisi kembali jika diperlukan. Atas perhatian, bantuanya saya ucapkan ribuan terima kasih.