Rangga: penyampaian proker PPI Turki

Konya – Agenda hari kedua Lokakarya PPI ini dibuka langsung oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Turki oleh Dr. Lalu Muhammad Iqbal. Kegiatan Reformation in Leadership to Impact Society (RILIS) PPI Turki masih berlangsung dilaksanakan secara hybrid yaitu online sekaligus offline di Grand Hotel Konya pada sabtu 19 Maret 2022. Di hari ke-2 acara RILIS Persatuan Pelajar Indonesia Turki membuka acara Lokakarya bersamaan dengan peringatan hari ulang tahun PPI Turki yang ke-13.

Kegiatan RILIS PPI Turki ini juga turut disponsori oleh Kawan Indonesia (@kawanindonesia) sebagai salah satu flatform yang bergerak diberbagai bidang, baik travel, transportasi, penginapan bagi para turis. Erdem menyampaikan bahwa ia sangat senang bisa menjalin kerjasama bersama pelajar Indonesia dan juga turut mendukung kegiatan para pelajar Indonesia.

Ilyas: kegiatan sosialisasi proker ppi Turki

Duta Besar Republik Indonesia untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal menjelaskan diawal sambutannya bahwa acara lokakarya dari rilis yang dilaksanakan secara hybird oleh PPI Turki ini merupakan sebuah evolusi yang telah berjalan selama tiga tahun belakangan ini. PPI Turki telah  bertransformasi sebagai orgarnisasi kemahasiswaan yang semakin modern yang terus mengaspirasi anggotanya. Beliau sangat mengapresiasi seluruh rancangan program yang akan direalisasikan oleh badan pengurus harian PPI Turki kabinet muda berseri. Salah satunya departemen baru yang dibentuk dipengurusan PPI Turki tahun ini yaitu Departemen Pers dan Jurnalistik.

“Publikasi dan jurnalistik itu it’s about passion ya kan.”tambahnya. beliau menjelaskan bahwa  apapun background pendidikanya, sebagai pelajar masih bisa aktif jadi jurnalis. Nantinya pelajar  bisa jadi jurnalis di bidang apapun yang sesuai dengan passionnya. Menurutnya pembentukan departement baru yaitu Pers dan Jurnalistik ini menjadi salah satu approach yang sangat baik. Selain satunya bisa memberikan ruang kepada terman-teman yang memiliki passion di bidang jurnalistik. Dengan kegiatan jurnalistik ini dapat memberikan kesempatan untuk membangun eksposur yang lebih besar buat PPI dan juga bisa berkontribusi buat bangsanya.

Beliau juga turut mengapresiasi para anggota PPI Turki yang telah berpartisipasi dalam kepengurusan PPI Turki yang semakin menguat, seperti mahasiswa baru yakni kedatangan tahun pertama dan  tahun kedua. “Biasanya dulu, yang sudah senior baru bergabung, Ini menunjukkan PPI Turki ini semakin dirasakan kehadirannya oleh anggota. Dimana hal tersebutlah yang menjadi harapan kami untuk PPI.”imbuhnya.

Beliau juga mengingatkan bahwa jangan hanya jadi mahasiswa yang hanya duduk dan belajar di bangku kuliah. Pelajar Turki diminta untuk mencari pembelajaran didunia luar yang memiliki singkronisasi dengan keahlian dibidang masing-masing.

Harapan kedepannya, PPI dapat berkolaborasi terus  bersama pihak KBRI sebagai dewan pembina PPI Turki agar tetap menjaga komunikasi dengan baik. Sebagaimana ketika KBRI membagikan pesan, kegiatan dan juga publikasi yang bisa diteruskan oleh seluruh PPI Wilayah yang ada di Turki. Sehingga pesan-pesan bisa lebih mudah dan praktis tersampaikan. Kita sangat menunggu kerja sama yang sangat baik dan luar biasa dari temen-temen pers dan jurnalistik juga jajarannya.(Rangga/ Yaya)

Categories: Uncategorized

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *