“Pasar Senggol adalah ajang pameran perdana yang diselenggarakan oleh PPI Turki dan Diaspora Indonesia.” tutur Fauzul Azhim, Ketua PPI Turki dalam sambutannya di pembukaan Pasar Senggol Turki.

PPI Turki bersama Diaspora Indonesia, PPI Dunia, dan KJRI Istanbul sukses menggelar Festival Perdana Pasar Senggol Turki di Halic Kongres Merkez, Istanbul (05/06/2022). Rumah BUMN juga turut mendukung terselenggaranya kegiatan Festival Pasar Senggol.

Turut dihadiri oleh Duta besar Indonesia untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal. Dan Dubes dari negara lainnya seperti; Dubes Malaysia, Dubes Korea, Dubes Vietnam, dan Dubes Australia. Festival ini juga dihadiri lebih dari 2000 pengunjung yang datang dari dalam maupun luar kota, pengunjung warga Indonesia dan Asia, maupun warga lokal Turki turut antusias berpartisipasi.

Ketua PPI Turki Fauzul Azhim menuturkan bahwa kegiatan Pasar Senggol ini kolaborasi dari PPI Turki dan Diaspora Indonesia. PPI Turki bersama PPI Dunia menggandeng Rumah BUMN untuk mensupport juga mensukseskan kegiatan Pasar Senggol Turki Perdana ini. Para pelajar setempat dari kota Istanbul juga ikut andil dalam tim acara Pasar Senggol.

Ide pertama Festival Pasar Senggol Turki digagas oleh Pariani, selaku diaspora Indonesia di Turki dan Bapak Konsulat Jendral Indonesia Imam Ash’ari . Dalam kurun waktu kurang lebih 3 bulan, Diaspora Indonesia bersama tim PPI Turki berhasil menyiapkan acara ini hingga menjadi sukses dan menerima apresiasi dari banyak kalangan.

Bapak Dubes Lalu Muhammad Iqbal menyatakan kebanggaan terhadap pelaksanaan Festival Pasar Senggol Perdana ini. Festival ini bukan saja sebagai ajang festival ekonomi dan kebudayaan namun juga ajang silaturahmi oleh warga Indonesia yang tinggal di Turki.

Acara Pasar Senggol Turki Perdana ini menjadi tolak ukur dan gambaran bagi kegiatan ini di tahun berikutnya. Harapannya, semoga hal ini bukan hanya sebagai Festival Ekonomi dan Kebudayaan dan tempat berkumpulnya Diaspora Indonesia di Turki, namun juga menjadi tempat wisata bagi warga lokal Turki sendiri juga bagi warga Indonesia yang sedang berkunjung ke Turki. (Husna/Taba)


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.