Budaya Indonesia

Pagelaran Budaya Indonesia Dapat Respons Positif di Turki

Bertepatan dengan Hari Kartini pada tanggal 21 April 2019 lalu Perhimpunan Pelajar Indonesia di Sakarya (PPI Sakarya) mengadakan Pameran Kebudayaan Indonesia yang diberi nama Muhteşem Endonezya atau yang berarti Wonderful Indonesia. Acara ini diselenggarakan di Adapazarı Kültür Merkezi (AKM), Sakarya, Turki.

“Melalui Muhteşem Endonezya ini kami mengharapkan masyarakat Turki khususnya masyarakat Sakarya akan lebih mengenal Indonesia dan tertarik untuk berkunjung ke Indonesia,” ujar Ketua PPI Sakarya, Pupung Saepul Milah, Sabtu (1/5).

Acara Muhteşem Endonezya 2019 ini merupakan pameran kebudayaan Indonesia yang kedua yang diselenggarakan oleh PPI Sakarya setelah sebelumnya diselenggarakan pada tahun 2017 yang lalu. Muhteşem Endonezya 2019 kali ini menampilkan drama musikal yang menceritakan tiga orang pemuda sedang mencari harta karun di Indonesia.

Perjalanan ketiga pemuda ini dimulai dari Pulau Papua hingga berakhir di Pulau Sumatera. Di tengah perjalanan ketiga pemuda ini sempat diserang oleh penjajah tetapi mereka berhasil mempertahankan harta karun yang telah mereka dapatkan. Penonton seperti sedang diajak berkeliling Indonesia.

Di setiap daerah ditampilkan tarian atau lagu tradisional, seperti Tari Saman, Sajojo, Ngibing dan Kecak. Selain itu juga terdapat penampilan angklung, silat, debus, musik akustik, musikalisasi puisi, vocal group dan flash mob.

Selain tari dan lagu tradisional, panitia acara juga menyediakan makanan khas Indonesia secara gratis untuk pengunjung yang hadir. Makanan yang disediakan adalah dadar gulung, pisang coklat (piscok), bakwan dan nasi goreng. Helatan yang dihadiri oleh 300 pengunjung ini mendapat respon positif baik dari orang Indonesia maupun luar negeri.

“Ini pertama kalinya saya mencicipi makanan Indonesia. Rasanya unik, tapi enak. Saya suka,” ujar Hadir Ukalo, warga negara Kosovo yang hadir di acara tersebut.

“Setelah menyaksikan acara ini saya merasa seperti melihat Indonesia dari dekat dan saya sangat ingin berkunjung ke Indonesia suatu hari nanti,” ujar Rabia Çelebi, salah satu warga Turki yang menghadiri acara tersebut.

Sumber : https://www.jawapos.com/internasional/01/05/2019/pagelaran-budaya-indonesia-dapat-respons-positif-di-turki/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *